Proposal Penelitian
A.
Judul
Pengaruh
B.
Latar
Belakang Penelitian
Pendidikan yang
dilakukan di berbagai institusi pendidkan suadah selayaknya melahirkan
peserta didik yang paripurna sesuai
denagn tujuan pendidikan nasional. Dari segi dukungan pemerintah dalam hal
pendanaan mendapat porsi yang besar yaitu 20 % untuk anggaran pendidikan. Dari
kesejahteraan guru juaga diperhatikan dengan adanya sertifikasi guru yang
bertujuan meningkatkan kinerja pendidik. Dari peserta didik didorong untuk
bersekolah minimal sampai SLTA juga memberikan pengartuh besar untuk
bersekolah. Sehingga tujuan untuk mencerdaska kehidupan bangsa akan
terwujud.
Namaun kondisi ideal di atas
tidaklah mudah utuk di capai. Realita
dilapangan
C.
Masalah
1.
Identifikasi
Masalah
Pola
berfikir peserta didik adalah faktor yang mempengaruhi
2.
Pembatasan
Masalah
3.
Rumusan
Masalah
D.
Tujuan
Penelitian
E.
Manfaat
Penelitian
F.
Kajian
Teoritis
G.
Kerangka
Berpikir
H.
Hipotesis
I.
Metode
Penelitian
1.
Waktu
dan lokasi penelitian
a.
Waktu
Penelitian
Penelitian
dilakukan pada bulan Mei sapai dengan Juni 2012
b.
Lokasi
Penelitian
Penelitian
di lakukan pada kelas X di SMAN 1 Baregbeg kabupaten Ciamis
2.
Metode
dan desain penelitian
a.
Metode
Penelitian
Beberapa
metode penelitian menurut beberapa ahli diantaranya:
Menurut
Sugiyono (2007:14) mengartikan bahwa “Metode deskriftif analisi adalah yang
digunakan untuk mengaanalisa data dengan cara mendeskripsikan atau
menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya.”
Menurut
Sugyono (2008:8) mengartikan bahwa Metote penelitian kuantitatif diartikan
sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada sample filsafat positivisme,
digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampletertentu, pengumpulan data
menggunaka variabel instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitaif,
dengan tujuan hipotesis yang telah di tetapkan
Dari kedua pengertian tersebut
disimpulkan bahwa metode deskriptif analisis denagn pendekatan kuanttatif
merupakan metote yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual
tentang fakta-faktaserta hubungan antar variabel yang diselidikaimdengan cara
pengumpulan data, mengolah, menganalisis dan menginterpretasi dalam pengujian
hipotesis.
Dengan Metode penelitian deskriftip
dengan analisis data kuantitaif ini, diharapakan dapat memberikan gambaran yang
jelas tentang “Pengaruh Metode
Pembelajaran Otak Kanan terhadap hasil belajar Biologi”
b.
Desain Penelitian
Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian
eksperimen dapat di definisikan sebagi metode yang di jalankan dengan
menggunakan suatu perlakuan pada sekelompok orang, kemudian hasil perlakuan
tersebut dievaluasi. Jadi penelitian ini Terdapat tiga syarat yaitu manipulasi,
kontrol dan randomisasi.
3.
Variabel
Penelitian
Pada
penelitian ini terdapat beberapa variabel yaitu:
a.
Variabel
Bebas
Variabel
bebas dari penelitian ini adalah “Pengaruh Metode Pembelajaran Otak Kanan”
b.
Variabel
Terikat
Variabel
terikat dari penelitian ini adalah “Hasil belajar Biologi kelas X di SMAN 1
Baregbeg”
4.
Populasi
dan Sampel
a.
Populasi
Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Baregbeg
b.
Sampel
Sampel
yang diambil untuk penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA N 1 Baregbeg.
5.
Instrumen
Penelitian
Penelitian
ini menggunakan Kuesioner yaiu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan
untuk memperoleh informasi responden dalam arti tentang pribadinya atau hal-hal
yang ia ketahui dalm penelitan.
6.
Prosedur
Pengumpulan data
a.
Pengumpulan
data Primer
a.1
Metode Angket
dengan
teknik pengumpulan data yang berbentuk rangkaian pertanyaan yang tersusun
sistematis mengenai masalah yang yang akan di teliti.
a.2
Metode Pengamatan
dengan
teknik pengumpulan data melali pengamatan an pengindraan langsung terhadap
sejumlah acuan berkenaan dengan topic penelitian kedalam lokasi penelitian
b.
Pengumpulan
data Sekunder
b.1
Studi Kepustakaan
Pengumpulan
data yang diperoleh dari sumber-sumber referensi bacaan
b.2
Dokumentasi
Pengumpulan
data yang menggunaa catatan-cataan, peraturan-peraturan, foto-foto kegiatan
atau hal lain yang mendukung dan relevan terhadap penelitian
7.
Teknis
Analisi data
a.
Uji
Validitas
Validtas
adalah untuk mengukur seberapa cermat alat tes melakuka funsi ukuranya. Teknik
ini bertujuan untuk menguji apakah tiap item atau butir pernyataan benar-benar
mampu mengungkapkan faktor yang akan di ukur. Penelitian ini deangn teknik uji
korelasi produk moment dengan rumus :
rxy
=
keterangan
:
rxy : angka indeks korelasi r product moment
n : populasi
∑x : jumlah skor x
∑y : jumlah skor y
∑xy : jumlah hasil kali antara x dan y
Tidak ada komentar:
Posting Komentar