Rabu, 20 Maret 2013

Pormat Proposal Penelitian


Proposal Penelitian
A.    Judul
Pengaruh
B.     Latar Belakang Penelitian
Pendidikan yang dilakukan di berbagai institusi pendidkan suadah selayaknya melahirkan peserta  didik yang paripurna sesuai denagn tujuan pendidikan nasional. Dari segi dukungan pemerintah dalam hal pendanaan mendapat porsi yang besar yaitu 20 % untuk anggaran pendidikan. Dari kesejahteraan guru juaga diperhatikan dengan adanya sertifikasi guru yang bertujuan meningkatkan kinerja pendidik. Dari peserta didik didorong untuk bersekolah minimal sampai SLTA juga memberikan pengartuh besar untuk bersekolah. Sehingga tujuan untuk mencerdaska kehidupan bangsa akan terwujud. 
            Namaun kondisi ideal di atas tidaklah mudah utuk di capai. Realita  dilapangan
C.     Masalah
1.      Identifikasi Masalah
Pola berfikir peserta didik adalah faktor yang mempengaruhi
2.      Pembatasan Masalah


3.      Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
F.      Kajian Teoritis
G.    Kerangka Berpikir
H.    Hipotesis
I.       Metode Penelitian
1.      Waktu dan lokasi penelitian
a.       Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan pada bulan Mei sapai dengan Juni 2012
b.      Lokasi Penelitian
Penelitian di lakukan pada kelas X di SMAN 1 Baregbeg kabupaten Ciamis
2.      Metode dan desain penelitian
a.       Metode Penelitian
Beberapa metode penelitian menurut beberapa ahli diantaranya:
Menurut Sugiyono (2007:14) mengartikan bahwa “Metode deskriftif analisi adalah yang digunakan untuk mengaanalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya.”
Menurut Sugyono (2008:8) mengartikan bahwa Metote penelitian kuantitatif diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada sample filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampletertentu, pengumpulan data menggunaka variabel instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitaif, dengan tujuan hipotesis yang telah di tetapkan
            Dari kedua pengertian tersebut disimpulkan bahwa metode deskriptif analisis denagn pendekatan kuanttatif merupakan metote yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta-faktaserta hubungan antar variabel yang diselidikaimdengan cara pengumpulan data, mengolah, menganalisis dan menginterpretasi dalam pengujian hipotesis.
            Dengan Metode penelitian deskriftip dengan analisis data kuantitaif ini, diharapakan dapat memberikan gambaran yang jelas  tentang “Pengaruh Metode Pembelajaran Otak Kanan terhadap hasil belajar Biologi” 
b.      Desain  Penelitian
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen dapat di definisikan sebagi metode yang di jalankan dengan menggunakan suatu perlakuan pada sekelompok orang, kemudian hasil perlakuan tersebut dievaluasi. Jadi penelitian ini Terdapat tiga syarat yaitu manipulasi, kontrol  dan randomisasi.
3.      Variabel Penelitian
Pada penelitian ini terdapat beberapa variabel yaitu:
a.       Variabel Bebas
Variabel bebas dari penelitian ini adalah “Pengaruh Metode Pembelajaran Otak Kanan”
b.      Variabel Terikat
Variabel terikat dari penelitian ini adalah “Hasil belajar Biologi kelas X di SMAN 1 Baregbeg”
4.      Populasi dan Sampel
a.       Populasi
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Baregbeg
b.      Sampel
Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA N 1 Baregbeg.
5.      Instrumen Penelitian
Penelitian ini menggunakan Kuesioner yaiu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi responden dalam arti tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui dalm penelitan.
6.      Prosedur Pengumpulan data
a.       Pengumpulan data Primer
a.1 Metode Angket 
dengan teknik pengumpulan data yang berbentuk rangkaian pertanyaan yang tersusun sistematis mengenai masalah yang yang akan di teliti.
a.2 Metode Pengamatan
dengan teknik pengumpulan data melali pengamatan an pengindraan langsung terhadap sejumlah acuan berkenaan dengan topic penelitian kedalam lokasi penelitian
b.      Pengumpulan data Sekunder
b.1 Studi Kepustakaan
Pengumpulan data yang diperoleh dari sumber-sumber referensi bacaan
b.2 Dokumentasi
Pengumpulan data yang menggunaa catatan-cataan, peraturan-peraturan, foto-foto kegiatan atau hal lain yang mendukung dan relevan terhadap penelitian
7.      Teknis Analisi data
a.       Uji Validitas
Validtas adalah untuk mengukur seberapa cermat alat tes melakuka funsi ukuranya. Teknik ini bertujuan untuk menguji apakah tiap item atau butir pernyataan benar-benar mampu mengungkapkan faktor yang akan di ukur. Penelitian ini deangn teknik uji korelasi produk moment dengan rumus :

rxy =


keterangan :
rxy       : angka indeks korelasi r product moment
n          : populasi
∑x       : jumlah skor x
∑y       : jumlah skor y
∑xy     : jumlah hasil kali antara x dan y

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar