Rabu, 28 Agustus 2013

4 Langkah Dalam Membuat Judul Skripsi

Bagi anda calon sarjana yang akan menyusun skripsi, alangkab baik ya jika anda memperhatikan hal -hal dalam pembuatan judul skripsi. Hal yang paling utama harus dipertimbangkan dalam membuat judul skripsi adalah jenis metode penelitian dan instrument penelitian. dua hal tersebut ternyata menjadi sandungan terbesar bagi para mahasiswa terlebih jika mahasiswa tersebut tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai metode penelitian dan instrument yang tepat bagi penelitannya.
berikut ini adalah cara membuat judul skripsi yang tepat 
 
  • Tentukan masalah 
Teliti terlebih dahulu berbagai masalah yang dihadapi dalam ruang lingkup atau bidang kuliah anda. semakin banyak masalah yang anda temukan akan semakin mudah dalam menbuat  judul skripsi.
 
  •   Tentukan variabel
Dari berbagai masalah yang anda temukan anda dapat menentukan berbagai variabel yang akan digunakan dalam penelitian yang akan anda kerjakan. pilihlah variabel yang sesuai dengan minat anda.
 
  • Tentukan metode penelitian
Pada saat menentukan metode penelitian pertimbangkan baik-baik langkah yang akan anda ambil. karena hal ini menentukan tingkat kesulitan penggarapan skripsi. metode penelitian kualitatif biasanya memakan waktu yang cukup lama ketimbang metode kuantitatif. anda bisa melihat berbagai skripsi dan membandingkannya terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang jenis skripsi yang akan anda kerjakan.
 
  • langsung kerja
Jika 3 poin diatas sudah rampung anda bisa langsung membuat/menetukan judul skripsi dan tentunya langsung menggarap skripsi anda. dan perlu diingat bahwa dalam penggarapan skripsi yang terpenting adalah intensitas dan kuantitas dalam menggarap. masalah kualitas dapat diolah melalui bimbingan skripsi. banyak mahasiswa yang terlalu fokus pada kualitas tetapi mandek berbulan-bulan. padahal pada penggarapan skripsi kualitas diolah bersama pembimbing skripsi. 
 
Selamat mencoba.

Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar