SILABUS
Nama sekolah : SMA NEGERI 2 CIAMIS
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /Program : X/ Umum
Semester : 1
Standar kompetensi 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pendikar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Waktu
|
Alat dan sumber
|
1.1 Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
|
·
Mengidentifikasi
karakteristik biologi sebagai ilmu pengetahuan bengan benar
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah dalam metode ilmiah untuk menemukan konsep biologi, baik
melalui metode eksperimen maupun observasi dengan upaya mempelajari
sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan
·
Mengidentifikasi
sikap ilmiah yang harus ditampilkan seorang Biologiwan dalam menemukan konsep
biologi
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai
orang lain
|
* Pengertian biologi
sebagaj ilmu
* Metode Ilmiah
|
Tatap Muka
·
Mendiskusikan karakteristik biologi sebagai
ilmu pengetahuan
·
Mendiskusikan
langkah-langkah Metode Ilmiah
·
Mendiskusikan
sikap ilmiah seorang peneliti
PT
Membuat Laporan tentang langkah-langkah
Metode Ilmiah
|
Teknik Penilaian:
Tes
Non Tes
Jenis Penilaian
1.
Lisan
2.
Tulisan
Bentuk Penilaian
1.
PG
2.
Esay
3.
Unjuk kerja
4.
Skala sikap
|
2 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
1.2 Mendeskripsikan objek dan
permasalahan biologi pada
berbagai tingkat
organisasi
kehidupan,
molekul,sel,
jaringan,organ,
individu,populasi,
ekosistem dan
bioma
|
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
* Tiga aspek
keilmuan biologi
meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3. Tingkat organisasi
|
Tatap Muka
·
Diskusi
mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat organisasi
kehidupan
·
Diskusi
menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
PT
Mengerjakan soal latihan di buku
paket
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
4 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
|
STANDAR
KOMPETENSI : 2.
Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
|
|||||||
2.1 Mendeskripsikan
ciri-ciri, replikasi,
dan peran virus
dalam kehidupan
|
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri tubuh virus dengan menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber
acuan/bahan yang relevan
·
Mendeskripsikan
replikasi virus dengan menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber
acuan/bahan yang relevan dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
·
Mendeskripsikan
peran virus yang menguntungkan bagi manusia
·
Mendeskripsikan
peran virus yang merugikan bagi manusia dengan mengemukakan saran dan
pendapat tentang upaya menghindari penyebaran virus
·
Describe the causes 0f cholera, TBC, and HIV AIDS
·
Membuat
kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya dengan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
Ciri-ciri virus meliputi:
1.
Ciri-ciri
virus sebagai benda mati
2.
Ciri
virus sebagaj makhluk hidup
Struktur tubuh virus
Cara reproduksi virus
Peran virus bagi manusia
|
Tatap Muka
·
Mengamati
dan menggambar struktur tubuh virus
·
Diskusi
tentang karakteristik virus
·
Menggambar
skema reproduksi virus
·
Mengumpulkan
informasi tentang peran virus bagi manusia
PT
·
Mengerjakan
soal dari buku paket
TMTT
·
Tugas
membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
4 x 45’
|
·
Berbagai
informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
2.2 Mendeskripsikan
ciri-ciri
Archaebacteria
dan Eubacteria
dan peranannya
bagi kehidupan
|
·
Menjelaskan
pengertian prokariot
·
Menggambarkan
berbagai bentuk sel dan koloni Eubacteria
·
Mendeskripsikan
struktur dan fungsi sel bakteri dengan
menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bahan yang relevan
·
Membedakan
struktur Archaebacteria dan Eubacteria
·
Mendeskripsikan
peranan bakteri bagi kehidupan dengan mengemukakan pendapat tentang upaya
menghindari penyebaran penyakit yang disebabkan oleh bakteri
·
Describe the causes of cholera, TBC, and HIV AIDS
·
Discuss the global patterns of distribution of malaria and TBC
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
* Pengertian
prokariotik
* Ciri-ciri Eubacteria:
1. Bentuk sel dan
koloni Eubacteria
2. Struktur sel
Eubacteria
3.
Cara
hidup
Eubacteria
4. Reproduksi
Eubacteria
* Perbedaan
Eubacteria dan
Archaebacteria
* Peran bakteri bagi
manusia
|
Tatap Muka
·
Pengamatan
bentuk sel bakteri
·
Diskusi
tentang ciri-ciri struktur Eubacteria dan fungsinya
·
Diskusi
tentang perbedaan Eubacteria dan Archaebacteria
PT
·
Mengerjakan
soal dari buku paket
TMTT
·
Mengumpulkan
informasi produk fermentasi yang menggunakan bakteri
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
6 x 45'
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
http://id.wikipedia.org/wiki/Bacteri
|
2.3 Menyajikan ciri-
ciri umum dalam
kingdom Protista
dan peranannya
dalam kehidupan
|
·
Mendeskripsikan
karakteristik setiap Filum yang termasuk Kingdom Protista
·
Mengelompokkan
Protista yang diamati dengan jujur menggambarkan hasil pengamatan
·
Mengidentifikasi
Protista yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
Pengelompokkan Protista:
1.
Protista
mirip tumbuhan
2.
Protista
mirip heawn
3.
Protista
mirip Jamur
Peran Protista bagi kehidupan
|
Tatap Muka
·
Praktikum
pengamatan Protista yang hidup di air kolam
·
Diskusi
tentang ciri-ciri protista
·
Diskusi
tentang pengelompokkan Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati
PT
Mengerjakan latihan uji kompetensi
dari buku paket
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
Unjuk Kerja
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
6 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
2.4
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan jenis-jenis
jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta
peranannya bagi kehidupan
|
·
Mendeskripsikan
ciri khusus seiap anggota Kingdom Fungi
·
Mendeskripsikan
cara jamur memperoleh makanan
·
Memberikan
contoh setiap anggota Divisio jamur yang menguntungkan bagi manusia
·
Mengelompokkan
jamur berdasarkan jenis spora seksualnya
·
Melaporkan
proses pembuatan suatu produk yang memanfaatkan jamur
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
Ciri-ciri Jamur:
-
Struktur
dan cara hidupnya
-
Klasifikasi
Jamur berdasarkan spora seksualnya
Proses produksi yang memanfaatkan
jamur
|
Tatap Muka
·
Praktikum
Pengamatan jamur
·
Menggambarkan
struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan
·
Diskusi
pengelompokkan jamur berdasarkan spora seksualnya
TMTT
Survey/kunjungan ke lokasi produksi
tempe/tape/oncom
Membuat Laporan hasil survey
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
Unjuk Kerja
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
6 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
SILABUS
Nama sekolah : SMA NEGERI 2 CIAMIS
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /Program : X/ Umum
Semester : 2
Standar kompetensi 3. Memahamj manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pendikar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Waktu
|
Alat dan sumber
|
3.1 Mendeskripsikan
konsep
keanekaragaman
gen,
jenis, ekosistem,
melalui kegiatan
pengamatan
|
·
Mendeskripsikan
konsep keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
·
Mengamati
adanya gejala keanekaragaman hayati
·
Memberikan
contoh keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
Keanekaragaman hayati terjadi pada
tingkat:
1.
Gen
2.
Jenis
3.
Ekosistem
|
Tatap Muka
·
Mengamati
keanekaragaman tingkat gen
·
Mengamati
keanekaragaman spesies hewan/tumbuhan
·
Diskusi
tentang pengertian keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem
PT
Mengerjakan latihan uji kompetensi
dari buku paket
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
4 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
3.2Mengkomunikasikan
keanekaragaman
hayati Indonesia,
dan
usaha
pelestarian sumber
daya alam
|
·
Menggambarkan
peta pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
·
Discuss the meaning of the terms biodiversity
·
Menyebutkan
5 contoh flora/fauna endemik Indonesia
·
Membedakan
pelestarian in-situ dengan pelestarian eksitu
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
* Pembaguan
daerah wilayah
flora Indonesia
* Pembagian daerah
fauna
Indonesia
menurut Wallace
dan
Weber
* Berbagai tipe
bioma di Indonesia
* Konservasi
Keanekaragaman
hayati, meliputi
Pelestarian
in-situ dan eks-situ
|
Tatap Muka
·
Diskusi
tentang pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
·
Diskusi
tentang tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia
·
Diskusi
tentang konservasi keanekaragaman hayati
PT
Mengerjakan soal uji kompetensi dari
buku paket
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
4 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
3.3 Mendeskripsikan
ciri- ciri division
dalam dunia
tumbuhan dan
perananya bagi
kelangsungan hidup
di bumi
|
·
Mendeskripsikan
ciri umum dunia tumbuhan
·
Menyusun
klasifikasi tumbuhan
·
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan lumut
·
Menggambarkan
struktur tumbuhan lumut berdasarkan hasil pengamatan
·
Menggambarkan
metagenesis lumut
·
Mendeskripsikan
peranan tumbuhan lumut bagi kehidupan
·
Mengklasjfikasikan
tumbuhan Paku
·
Menggambar
struktur tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan
·
Menggambarkan
skema metagenesis tumbuhan paku
·
Mendeskripsikan
peranan tumbuhan paku bagi kehidupan
·
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan berbiji
·
Mengklasifikasikan
tumbuhan berbiji
·
Menggambar
struktur tumbuhan berbiji(akar, batang, daun, bunga)
·
Mengumpulkan
informasj tentang peranan tumbuhan bagi kelangsungan hidup di bumi
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
Ciri umum dukia tumbuhan
Klasifikasi tumbuhan:
1.
Div,
Bryophyta
Ciri umum
Struktur tunuh
Klasifikasi
Metagenesis dan peranan
2.
Div.
pterydophyta
Ciri umum
Struktur tubuh
Klasifikasi
Metagenesis dan peranan
3.
Div.
Spermatophyta
Ciri umum
Klasifikasi
Reproduksi dan peranan
|
Tatap Muka
·
Pengamatan
tumbuhan lumut
·
Diskusi
tentang ciri-ciri tumbuhan lumut
·
Pengamatan
tumbuhan Paku
·
Diskusi
tentsng ciri-ciri tumbuhan paku
·
Diskusi
tentang perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae
·
Diskusi
tentang perbedaan Monokotil dan Dikotil
PT
Mengerjakan soal uji kompetensi dari
buku paket
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
6 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
3.4Mendeskripsikanciri-
ciri Filum dalam
dunia hewan dan
peranannya bagi
kehidupan
|
·
Mendeskripsikan
ciri umum dunia hewan
·
Menjelaskan
dasar klasifikasi hewan
·
Membandingkan
ciri-ciri filum-filum hewan dari perkembangan stukturnya
·
Membedakan
cirri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
Ciri umum dunia hewan
Dasar klasifikasi dunia hewan
Klasifikasi dunia hewan
|
Tatap Muka
·
Membandingkan
ciri hewan dengan tumbuhan
·
Mendeskripsikan
dasar klasifikasi dunia hewan
·
Membandingkan
ciriciri filum filum hewan dari perkembangan struktur tubuhnya
·
Membandingkan
ciri Porifera dengan Coelenterata
·
Membedakan
ciri-ciri Platyhelminthes, Nemathelminthes, dan Annelida
·
Membedakan
Kelas-kelas Mollusca
·
Membedakan anggota filum Arthropoda
·
Membedakan
anggota filum Echinodermata
·
Pengamatan
anggota filum Mollusca dan Arthropoda
·
Mengumpulkan
informasi tentang peranan hewan bagi
kehidupan
PT
Membuat Laporan Praktikum
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
Unjuk Kerja
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
6 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
STANDAR KOMPETENSI : 4. Menganalisis hubungan antara komponen
ekosistem, perubahan materi dan energi,
serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.1 Mendeskripsikan
peran komponen
ekosistem dalam
aliran energy dan
daur biogeokimia
serta pemanfaatan
komponen
ekosistem bagi
kehidupan
|
·
Mendeskripsikan
pengertian ekologi sebagai ilmu
·
Membedakan
penggunaan istilah-istilah habitat, populasi, nisia, komunitas, ekosistem,
faktor biotik, dan abiotik
·
Describe the terms of habitat, niche, population, community,
and ecosystem
·
Make a coordination of food chains, food webs, ecological
pyramid, material recycle and energy recycle
·
Explain the terms of producer, consumer, trophic level in the
context of food chains, and food webs
·
Describe how nitrogen is cycled within an ecosystem in during
the class of microorganism
·
Mengidentifikasi
berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·
Menghubungkan
pengertian rantai makanan, jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi,
dan daur energj
·
Menggambar
bagan daur Nitrogen
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
* Pengertian ekologi
sebagai ilmu
* Ekosistem dan
komponen
penyusunnya
* Pengelompokkan
komponen biotik
berdasarkan
fungsinya
* Tingkat organisasi
komponen biotik
dalam ekosistem
* Berbagai interaksi
dalam ekosistem
* Rantai makanan,
jaring-jaring
makanan, dan
piramida ekologi
* Aliran energi dan
siklus materi dalam
ekosistem
* Daur biogeokimia
|
Tatap Muka
·
Diskusi
tentang ruang lingkup ekologi sebagai ilmu
·
Mengamati
komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya
·
Menggambar
dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring –jaring makanan, dan piramida
ekologi
·
Mendeskripsikan
perjalanan energy, materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia
PT
Mengerjakan soal latihan uji
kompetensi dari buku paket
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
4 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
4.2 Menjelaskan
keterkaitan antara
kegiatan manusia
dengan masalah
kerusakan/
pencemaran
lingkungan dan
pelestarian
lingkungan
|
·
Mengidentifikasi
berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·
Meneliti
pengaruh bahan pencemar terhadap organism tertentu
·
Menjelaskan
dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·
Mendeskripsikan
upaya pencegahan pencemaran lingkungan
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
* Keseimbangan
lingkungan
* Aktivitas manusia
dan dampaknya
terhadap
lingkungan
* Beberapa bahan
pencemar dan
dampaknya
* Upaya pencegahan
pencemaran
lingkungan
|
Tatap Muka
·
Diskusi
tentang pengaruh aktivitas manusia terhadapa lingkungan
·
Diskusi
tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya
·
Melakukan
eksperimen tentang pencemaran
PT
Mengerjakan soal latihan uji
kompetensi dari buku paket
Laporan Praktikum
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
2 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·
Power
point
|
4.3 Menganalisis jenis-
jenis limbah dan
daur
ulang limbah
|
·
Mengetahui
penanganan limbah dengan daur ulang dengan menunjukkan upaya yang
sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta hasil pengamatan dengan sumber
acuan/bahan pustaka
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
·
Penanganan
limbah
|
Tatap Muka
·
Diskusi
tentang penanganan limbah dengan cara daur ulang
|
·
Tehnik
Penilaian
Test
·
Jenis
Penilaian
Tertulis
·
Bentuk
Instrumen
PG
Uraian
|
2 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
|
4.3 Menganalisis jenis-
jenis limbah dan
daur
ulang limbah
|
·
Berbagai
produk daur ulang limbah
|
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain
|
·
Membuat
produk dari bahan limbah yang bermanfaat, menarik dan bernilai ekonomi, tidak
meniru produk daur ulang temannya dan dapat menyelesaikan masalah sendiri berkaitan
dengan pembuatan ulang limbah
|
·
Membuat
produk dari bahan limbah
|
·
Unjuk
Kerja
|
2 x 45’
|
·
Henny
Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
|
Mengetahui :
Ciamis, Juli
2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Biologi
Drs. H. Endang Rahmat, MPd
Sri Elita S.Pd
NIP. 196005141987031008
NIP. 196901271997022002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar