Minggu, 10 Maret 2013

CONTOH SILABUS



SILABUS
Nama sekolah              : SMA NEGERI 2 CIAMIS
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas /Program                        : X/ Umum
Semester                      : 1
Standar kompetensi       1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar
Indikator
Pendikar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Alat dan sumber
1.1 Mengidentifikasi  ruang lingkup  Biologi
·         Mengidentifikasi karakteristik biologi sebagai ilmu pengetahuan bengan benar
·         Mengidentifikasi langkah-langkah dalam metode ilmiah untuk menemukan konsep biologi, baik melalui metode eksperimen maupun observasi dengan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan
·         Mengidentifikasi sikap ilmiah yang harus ditampilkan seorang Biologiwan dalam menemukan konsep biologi
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain




* Pengertian biologi
  sebagaj ilmu
* Metode Ilmiah
Tatap Muka
·          Mendiskusikan karakteristik biologi sebagai ilmu pengetahuan
·         Mendiskusikan langkah-langkah Metode Ilmiah
·         Mendiskusikan sikap ilmiah seorang peneliti


PT
Membuat Laporan tentang langkah-langkah Metode Ilmiah

Teknik Penilaian:
Tes
Non Tes

Jenis Penilaian
1.   Lisan
2.  Tulisan

Bentuk Penilaian
1.  PG
2.  Esay
3.  Unjuk kerja
4.  Skala sikap



2 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point
1.2 Mendeskripsikan   objek dan  
permasalahan  biologi pada
berbagai tingkat
organisasi
kehidupan,
molekul,sel,
jaringan,organ,
individu,populasi,
ekosistem dan
bioma


Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain




* Tiga aspek
  keilmuan biologi
  meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3. Tingkat organisasi

Tatap Muka
·         Diskusi mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
·         Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan

PT
Mengerjakan soal latihan di buku paket

·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
4 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point


STANDAR KOMPETENSI     :     2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup

2.1 Mendeskripsikan
ciri-ciri, replikasi,
dan peran virus
dalam kehidupan

·         Mendeskripsikan ciri-ciri tubuh virus dengan menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bahan yang relevan
·         Mendeskripsikan replikasi virus dengan menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bahan yang relevan dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
·         Mendeskripsikan peran virus yang menguntungkan bagi manusia
·         Mendeskripsikan peran virus yang merugikan bagi manusia dengan mengemukakan saran dan pendapat tentang upaya menghindari penyebaran virus
·         Describe the causes 0f cholera, TBC, and HIV AIDS
·         Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber

Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain





Ciri-ciri virus meliputi:
1.     Ciri-ciri virus sebagai benda mati
2.     Ciri virus sebagaj makhluk hidup
Struktur tubuh virus
Cara reproduksi virus
Peran virus bagi manusia

Tatap Muka
·         Mengamati dan menggambar struktur tubuh virus
·         Diskusi tentang karakteristik virus
·         Menggambar skema reproduksi virus
·         Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia


PT
·         Mengerjakan soal dari buku paket
TMTT
·         Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya

·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian

4 x 45’

·         Berbagai informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point

2.2 Mendeskripsikan
ciri-ciri
Archaebacteria
dan Eubacteria
dan peranannya
bagi kehidupan
·         Menjelaskan pengertian prokariot
·         Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubacteria
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel bakteri dengan  menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bahan yang relevan
·         Membedakan struktur Archaebacteria dan Eubacteria
·         Mendeskripsikan peranan bakteri bagi kehidupan dengan mengemukakan pendapat tentang upaya menghindari penyebaran penyakit yang disebabkan oleh bakteri
·         Describe the causes of cholera, TBC, and HIV AIDS
·         Discuss the global patterns of distribution of malaria and TBC


Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain




* Pengertian
  prokariotik
* Ciri-ciri Eubacteria:
  1. Bentuk sel dan
      koloni Eubacteria
  2. Struktur sel
      Eubacteria
3.     Cara hidup  
Eubacteria
4. Reproduksi
    Eubacteria
* Perbedaan
  Eubacteria dan
  Archaebacteria
* Peran bakteri bagi
  manusia
Tatap Muka
·         Pengamatan bentuk sel bakteri
·         Diskusi tentang ciri-ciri struktur Eubacteria dan fungsinya
·         Diskusi tentang perbedaan Eubacteria dan Archaebacteria
PT
·         Mengerjakan soal dari buku paket
TMTT
·         Mengumpulkan informasi produk fermentasi yang menggunakan bakteri
·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
6 x 45'
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Bacteri

2.3 Menyajikan ciri-
ciri umum dalam
kingdom Protista
dan peranannya
dalam kehidupan
·         Mendeskripsikan karakteristik setiap Filum yang termasuk Kingdom Protista
·         Mengelompokkan Protista yang diamati dengan jujur menggambarkan hasil pengamatan
·         Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

Pengelompokkan Protista:
1.     Protista mirip tumbuhan
2.     Protista mirip heawn
3.     Protista mirip Jamur
Peran Protista bagi kehidupan
Tatap Muka
·         Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam
·         Diskusi tentang ciri-ciri protista
·         Diskusi tentang pengelompokkan Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati
PT
Mengerjakan latihan uji kompetensi dari buku paket

·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
Unjuk Kerja
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
6 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point
2.4  Mendeskripsikan
ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
·         Mendeskripsikan ciri khusus seiap anggota Kingdom Fungi
·         Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·         Memberikan contoh setiap anggota Divisio jamur yang menguntungkan bagi manusia
·         Mengelompokkan jamur berdasarkan jenis spora seksualnya
·         Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang memanfaatkan jamur
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

Ciri-ciri Jamur:
-          Struktur dan cara hidupnya
-          Klasifikasi Jamur berdasarkan spora seksualnya
Proses produksi yang memanfaatkan jamur
Tatap Muka
·         Praktikum Pengamatan jamur
·         Menggambarkan struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan
·         Diskusi pengelompokkan jamur berdasarkan spora seksualnya
TMTT
Survey/kunjungan ke lokasi produksi tempe/tape/oncom
Membuat Laporan hasil survey
·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
Unjuk Kerja
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
6 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point







SILABUS

Nama sekolah              : SMA NEGERI 2 CIAMIS
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas /Program                        : X/ Umum
Semester                       :  2
Standar kompetensi       3. Memahamj manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar
Indikator
Pendikar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Alat dan sumber
3.1 Mendeskripsikan
konsep
keanekaragaman
gen,
jenis, ekosistem,
melalui kegiatan
pengamatan
·         Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
·         Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
·         Memberikan contoh keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

Keanekaragaman hayati terjadi pada tingkat:
1.     Gen
2.     Jenis
3.     Ekosistem
Tatap Muka
·         Mengamati keanekaragaman tingkat gen
·         Mengamati keanekaragaman spesies hewan/tumbuhan
·         Diskusi tentang pengertian keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem

PT
Mengerjakan latihan uji kompetensi dari buku paket
·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
4 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point
3.2Mengkomunikasikan
keanekaragaman
hayati Indonesia,
dan  usaha
pelestarian sumber
daya alam
·         Menggambarkan peta pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
·         Discuss the meaning of the terms biodiversity
·         Menyebutkan 5 contoh flora/fauna endemik Indonesia
·         Membedakan pelestarian in-situ dengan pelestarian eksitu
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

* Pembaguan
  daerah wilayah
   flora Indonesia
* Pembagian daerah
  fauna  Indonesia
  menurut Wallace
  dan Weber
* Berbagai tipe
  bioma di  Indonesia
* Konservasi
  Keanekaragaman
  hayati, meliputi
  Pelestarian
   in-situ dan eks-situ


Tatap Muka
·         Diskusi tentang pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
·         Diskusi tentang tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia
·         Diskusi tentang konservasi keanekaragaman hayati

PT
Mengerjakan soal uji kompetensi dari buku paket
·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
4 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point
3.3 Mendeskripsikan
ciri- ciri division
dalam  dunia
tumbuhan dan
perananya bagi
kelangsungan hidup
di bumi
·         Mendeskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
·         Menyusun klasifikasi tumbuhan
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan lumut
·         Menggambarkan struktur tumbuhan lumut berdasarkan hasil pengamatan
·         Menggambarkan metagenesis lumut
·         Mendeskripsikan peranan tumbuhan lumut bagi kehidupan
·         Mengklasjfikasikan tumbuhan Paku
·         Menggambar struktur tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan
·         Menggambarkan skema metagenesis tumbuhan paku
·         Mendeskripsikan peranan tumbuhan paku bagi kehidupan
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji
·         Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji
·         Menggambar struktur tumbuhan berbiji(akar, batang, daun, bunga)
·         Mengumpulkan informasj tentang peranan tumbuhan bagi kelangsungan hidup di bumi
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

Ciri umum dukia tumbuhan
Klasifikasi tumbuhan:
1.     Div, Bryophyta
Ciri umum
Struktur tunuh
Klasifikasi
Metagenesis dan peranan
2.     Div. pterydophyta
Ciri umum
Struktur tubuh
Klasifikasi
Metagenesis dan peranan
3.     Div. Spermatophyta
Ciri umum
Klasifikasi
Reproduksi dan peranan

Tatap Muka
·         Pengamatan tumbuhan lumut
·         Diskusi tentang ciri-ciri tumbuhan lumut
·         Pengamatan tumbuhan Paku
·         Diskusi tentsng ciri-ciri tumbuhan paku
·         Diskusi tentang perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae
·         Diskusi tentang perbedaan Monokotil dan Dikotil

PT
Mengerjakan soal uji kompetensi dari buku paket

·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
6 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point
3.4Mendeskripsikanciri-
ciri Filum dalam
dunia  hewan dan
peranannya bagi
kehidupan
·         Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
·         Menjelaskan dasar klasifikasi hewan
·         Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dari perkembangan stukturnya
·         Membedakan cirri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan

Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

Ciri umum dunia hewan
Dasar klasifikasi dunia hewan
Klasifikasi dunia hewan
Tatap Muka
·         Membandingkan ciri hewan dengan tumbuhan
·         Mendeskripsikan dasar klasifikasi dunia hewan
·         Membandingkan ciriciri filum filum hewan dari perkembangan struktur tubuhnya
·         Membandingkan ciri Porifera dengan Coelenterata
·         Membedakan ciri-ciri Platyhelminthes, Nemathelminthes, dan Annelida
·         Membedakan Kelas-kelas Mollusca
·          Membedakan anggota filum Arthropoda
·         Membedakan anggota filum Echinodermata
·         Pengamatan anggota filum Mollusca dan Arthropoda
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan hewan  bagi kehidupan

PT
Membuat Laporan Praktikum
·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
Unjuk Kerja
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
6 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point






STANDAR KOMPETENSI          :     4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan  energi, serta peranan
                                                              manusia dalam  keseimbangan  ekosistem  



4.1 Mendeskripsikan
      peran komponen
     ekosistem dalam
     aliran energy dan
     daur biogeokimia
     serta pemanfaatan
     komponen
     ekosistem bagi
     kehidupan
·         Mendeskripsikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, populasi, nisia, komunitas, ekosistem, faktor biotik, dan abiotik
·         Describe the terms of habitat, niche, population, community, and ecosystem
·         Make a coordination of food chains, food webs, ecological pyramid, material recycle and energy recycle
·         Explain the terms of producer, consumer, trophic level in the context of food chains, and food webs
·         Describe how nitrogen is cycled within an ecosystem in during the class of microorganism
·         Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·         Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energj
·         Menggambar bagan daur Nitrogen
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

* Pengertian ekologi
  sebagai ilmu
* Ekosistem dan
  komponen
  penyusunnya
* Pengelompokkan
  komponen biotik
  berdasarkan
  fungsinya
* Tingkat organisasi
  komponen biotik
  dalam ekosistem
* Berbagai interaksi
  dalam ekosistem
* Rantai makanan,
   jaring-jaring
   makanan, dan
   piramida ekologi
* Aliran energi dan
  siklus materi dalam
  ekosistem
* Daur biogeokimia
Tatap Muka
·         Diskusi tentang ruang lingkup ekologi sebagai ilmu
·         Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya
·         Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring –jaring makanan, dan piramida ekologi
·         Mendeskripsikan perjalanan energy, materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia

PT
Mengerjakan soal latihan uji kompetensi dari buku paket
·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
4 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point
4.2 Menjelaskan
keterkaitan antara
kegiatan manusia
dengan masalah
kerusakan/
pencemaran
lingkungan dan
pelestarian
lingkungan
·         Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·         Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organism tertentu
·         Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·         Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

* Keseimbangan
   lingkungan
* Aktivitas manusia
  dan dampaknya
  terhadap
  lingkungan
* Beberapa bahan
  pencemar dan
  dampaknya
* Upaya pencegahan
   pencemaran
   lingkungan
Tatap Muka
·         Diskusi tentang pengaruh aktivitas manusia terhadapa lingkungan
·         Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya
·         Melakukan eksperimen tentang pencemaran

PT
Mengerjakan soal latihan uji kompetensi dari buku paket
Laporan Praktikum

·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
2 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
·         Power point
4.3 Menganalisis jenis-
      jenis limbah dan
      daur
     ulang limbah
·         Mengetahui penanganan limbah dengan daur ulang dengan menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta hasil pengamatan dengan sumber acuan/bahan pustaka
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

·         Penanganan limbah
Tatap Muka
·         Diskusi tentang penanganan limbah dengan cara daur ulang
·         Tehnik Penilaian
Test
·         Jenis Penilaian
Tertulis
·         Bentuk Instrumen
PG
Uraian
2 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS

4.3 Menganalisis jenis-
      jenis limbah dan
      daur
     ulang limbah
·         Berbagai produk daur ulang limbah
Jujur
Berani
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai orang lain

·         Membuat produk dari bahan limbah yang bermanfaat, menarik dan bernilai ekonomi, tidak meniru produk daur ulang temannya dan dapat menyelesaikan masalah sendiri berkaitan dengan pembuatan ulang limbah
·         Membuat produk dari bahan limbah
·         Unjuk Kerja
2 x 45’
·         Henny Riandari,2009, Theory and Application of Biology I, TS
            Mengetahui :                                                                                                                                                          Ciamis,    Juli 2012
            Kepala Sekolah                                                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran Biologi                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
  Drs. H. Endang Rahmat, MPd                                                                                                                                      Sri Elita S.Pd
  NIP. 196005141987031008                                                                                                                                            NIP. 196901271997022002                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    


Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar