PROGRAM TAHUNAN (
PROTA )
BIOLOGI
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Biologi.
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
No
|
No SK/KD
|
SK dan
KD
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1
|
1
|
Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
|
|
|
2
|
1.1
|
Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
|
2 x 45 menit
|
|
3
|
1.2
|
Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma
|
4 x 45 menit
|
|
4
|
2
|
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
|
|
|
5
|
2.1
|
Mendeskripsi-kan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan
|
6 x 45 menit
|
|
6
|
2.2
|
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya
bagi kehidupan
|
6 x 45 menit
|
|
7
|
2.3
|
Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi
kehidupan
|
8 x 45 menit
|
|
8
|
2.4
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil
pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
|
6 x 45 menit
|
|
Jumlah
|
6 KD
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel
Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
PROGRAM TAHUNAN (
PROTA )
BIOLOGI
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Biologi.
Kelas / Semester :
X / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
No
|
No SK/KD
|
SK dan
KD
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1
|
3
|
Memahami manfaat keanekaragaman hayati
|
|
|
2
|
3.1
|
Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui
kegiatan pengamatan
|
4 x 45 menit
|
|
3
|
3.2
|
Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian
serta pemanfaatan sumber daya alam
|
4 x 45 menit
|
|
4
|
3.3
|
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya
bagi kelangsungan hidup di Bumi
|
4 x 45 menit
|
|
5
|
3.4
|
Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi
kehidupan
|
6 x 45 menit
|
|
6
|
4
|
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan
energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
|
|
|
7
|
4.1
|
Mendeskripsikan peran komponan ekosistem
dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen
ekosistem bagi kehidupan
|
4 x 45 menit
|
|
8
|
4.2
|
Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/
pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
|
4 x 45 menit
|
|
9
|
4.3
|
Menganalisis jenis-jenis
limbah dan daur ulang limbah
|
6 x 45 menit
|
|
10
|
4.4
|
Membuat produk daur ulang limbah
|
6 x 45 menit
|
|
Jumlah
|
6 KD
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel
Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar