STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Biologi.
Kelas / Semester :
X / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
|
1.1.Mengidentifikasi ruang lingkup
Biologi
1.2.Mendeskripsikan objek dan
permasalahan biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu,
populasi, ekosistem, dan bioma)
|
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Toleransi
·
Rasa ingin
tahu
·
Komunikatif
·
Menghargai
prestasi
·
Tanggung
Jawab
·
Peduli
lingkungan
|
·
Percaya
diri
·
Berorientasi
tugas dan hasil
|
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
|
2.1
Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan
peranannya bagi kehidupan
2.3
Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya
bagi kehidupan
2.4
Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil
pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
|
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Toleransi
·
Rasa ingin
tahu
·
Komunikatif
·
Menghargai
prestasi
·
Tanggung
Jawab
·
Peduli
lingkungan
|
·
Percaya
diri
·
Berorientasi
tugas dan hasil
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Biologi.
Kelas / Semester :
X / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
|
3.1 Mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman
hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan
peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum
dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
|
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Toleransi
·
Rasa ingin
tahu
·
Komunikatif
·
Menghargai
prestasi
·
Tanggung
Jawab
·
Peduli
lingkungan
|
·
Percaya
diri
·
Berorientasi
tugas dan hasil
|
4. Menganalisis hubungan antara komponen
ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam
keseimbangan ekosistem
|
4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem
dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen
ekosistem bagi kehidupan
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/
pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk daur ulang limbah
|
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Toleransi
·
Rasa ingin
tahu
·
Komunikatif
·
Menghargai
prestasi
·
Tanggung
Jawab
·
Peduli
lingkungan
|
·
Percaya
diri
·
Berorientasi
tugas dan hasil
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar